Jumat, 10 Desember 2010

Tips Menghilangkan Stres


1. Ganti kalimat "Saya harus.." dengan "Saya akan berusaha untuk..."
Penulis buku tentang bisnis kecil Don Doman, pengarang Out of Work? Get Into Business & Look Before You Leap : Market Research Made Easy mengatakan jika dia merasa kewalahan dan mempunyai tugas yang menumpuk, dia akan mengatakan "Saya akan berusaha." "Meskipun tugas yang paling meyedihkan/sial kelihatan lebih gampang & kita tidak begitu stress dalam mengerjakannya. Ini seperti sebuah anugerah/hadiah. Oooeee, saya akan berusaha menjual banyak barang hari ini! Kalimat itu akan memberikan perasaan dan energi positif." Dengan mengganti kata "Saya harus.." dengan kata "Saya akan berusaha untuk.." juragan sekalian telah mengurangi sejumlah tekanan dan stress.

2. Hindari kopi, coklat panas, dan soft drinks
Caffeine akan menyebabkan rasa cemas dan membuat sesuatu semakin stress. Jadi, juragan sekalian batasi kebiasaan nongkrong di starbucks ato warkop jika lagi stress.. hehee...

3. Letakkan mainan di meja kerja anda
Tante ane selalu meletakkan Transformers di meja kerjanya. Transformers itu robot plastik yang bisa berubah bentuk gan.. dari mobil jd robot gtu.. Dia memainkan robot itu ketika berfikir untuk pekerjaannya. Robot yg dimainkan itu akan memberikan kesibukan fisik dan mental yg akan mengurangi rasa stress dan cemas.

4. Tuliskan masalah yang membuat anda begitu stress
Dengan menuliskan pikiran kamu di kertas/komputer, juragan akan mentransfer emosi dari pikiran ke sesuatu yang lebih nyata. Setelah juragan selesai menulis di kertas juragan boleh meremet/membakar/merobek kertas tersebut dan biarkan masalah itu berlalu

5. Kerjakan dulu tugas yang membuat anda stress
Ketika kita lelah, stress-defense dalam tubuh kita melemah, jadi alangkah baiknya mengerjakan tugas yg sangat membuat anda stress ketika anda fit.

6. Olah Raga
Bokap ane punya "Thigh Master".. itu lo gan alat senam yg buat punggung, bahu, & pinggang, korban innovation store dia haahaa.... Tapi gan setelah ane survey ternyata dengan dia berolahraga beberapa menit sehabis sejam bekerja akan menurunkan tingkat kesetresan dia.. Bokap ane jg bilang dengan jalan2 di halaman kantornya dan memikirkan hal2 yg menyenangkan bukan masalah kantornya akan menambah semangat dan mengurangi keletihan dan stress akibat peerjaan..

7. Hirup nafas sedalam-dalamnya!!
Pakar sakit kepala Dr. Jeffry Finnigan dalam bukunya Life Beyond Headaches berkata satu dari kunci memiliki tubuh sehat adalah menghirup oksigen, dan kita tidak akan bisa bila kita lg stress. Istirahat beberapa menit, pejamkan mata anda dan hiruplah nafas sedalam-dalamnya secara perlahan. Dengan bernafas perlahan akan membuat anda lebih tenang, lega, dan mengurangi stress. Jika anda melakukan ini rutin 2x sehari anda maka stress anda akan berkurang secara drastis.

8. Makan yang manis-manis
Ketika juragan sekalian stress berat, makanlah satu atau dua permen (JANGAN COKLAT! KARENA MENGANDUNG KAFEIN). Peneliti membuktikan apabila kita makan yg manis, level stress kita berkurang.

9. Buatlah seperti di rumah
Aturlah ruang kerja anda seperti di rumah. Pasanglah foto keluarga, poster, atau tumbuh2an.. Suasan rumah yg familiar ini akan membuat anda relaks..

10. Minum orange juice
Ilmuwan menemukan bahwa vitamin c dapat mengurangi produksi hormon stress. Makanlah jeruk, minum jus, minum 200mg. suplement, atau makan makanan yang kaya akan vitamin c seperti : brokoli, tauge, kubis, tomat, kentang, dll.

11. Nyanyi!
Dengan bernyanyi anda mendapat dua keuntungan, pertama musik akan merelaksasi badan anda, dan dengan bernyanyi anda bernafas lebih dalam dan itu akan membawa oksigen ke badan anda.

12. Menonton yang lucu-lucu
Tertawa layaknya bernyanyi, akan membawa oksigen ke badan kita. Jadi tontonlah serial humor yg membuat anda tertawa.

13. Berdoa
Dengan berdoa kepada yg kuasa kita akan menjadi lebih tenang. Ingatlah kita hidup di dunia ini sementara dan kita ini milikNYA oleh karena itu DIAlah tempat kita berkeluh kesah, meminta, dan bersyukur atas karuniaNYA..

.SILAHKAN MENCOBAA... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WALCOME to Miie Lofha26 Blog's Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino